Daftar Artikel Di Blog

Rabu, 20 Maret 2013

Cerita-Cerita Seru Mitologi Yunani


Sampailah kita ke bagian akhir pembahasan Mitologi Yunani. Eh akhir gak ya? Siapa tau selese nulis artikel ini nemu ide buat yang kelima. Hmm. Yaudah lah itu urusan nanti. Sekarang kita bakal ngebahas tentang beberapa cerita menarik yang ada di Mitologi Yunani ini. Lumayan ini bisa buat bahan kamu nge-snob sama temen kamu, atau buat cerita pengantar tidur sama anak kamu kelak.

Kotak Pandora

Pandora adalah wanita manusia pertama di dunia mitologi Yunani. Diciptakan oleh Hephaestus atas perintah Zeus, dia juga diberi pakaian oleh Athena, kecantikan oleh Aphrodite, dan kecerdasan oleh Hermes.
Pada suatu hari, Zeus memberikan kotak ke Pandora. Zeus gak bilang apa isi dari kotak itu, dan perintahnya cuma satu : Kotak itu jangan pernah dibuka.
Karena penasaran, akhirnya Pandora membuka kotak itu. Dan ternyata isi kotak itu adalah perwujudan dari bibit-bibit kejahatan, yang langsung terbang dan menyebarkan dirinya ke dunia. Dunia yang tadinya tentram, aman dan damai langsung tercemar oleh kejahatan dan kedengkian.
Namun habis gelap, terbitlah terang. Dari semua kejadian, pasti ada sisi positifnya. Kaget melihat kejahatan keluar dari kotak itu, Pandora pun langsung menutupnya. Dan masih tersisa satu hal di kotak itu: Elpis, yaitu perwujudan dari Harapan Manusia.

Cerita Cinta Hades dan Persephone, serta sang Ibu Mertua

Seperti yang sudah kita bahas sebelomnya, Demeter itu Dewi yang ngurusin musim dan urusan-urusan agrikultural. Waktu musim semi sama panas, itu karena Demeter lagi seneng. Tapi kalo musim gugur dan dingin, itu karena Demeter lagi galau. Kenapa bisa begitu? Begini ceritanya.
Demeter punya seorang anak gadis kesayangan yang cantik jelita, Persephone. Hades, sang penguasa dunia bawah, jatuh cinta sama dia. Tapi karena Persephone tinggal di Olympus dan Hades tinggal di dunia bawah, cinta mereka terhalang jarak. Hades gak mau nih pacaran LDR. Maka dia cari strategi, gimana caranya biar Persephone mau tinggal sama dia di dunia bawah.
Suatu hari, waktu Persephone lagi jalan-jalan di taman, sama Hades diajak ke dunianya dia. Dan pas disana, Hades menawarkan Persephone buah-buahan yang cuma tumbuh di dunianya, yang dimakan dengan senang hati oleh Persephone.
Sementara, di Olympus terjadilah kegegeran, karena Demeter kehilangan anak gadisnya. Pergilah dia mencari anaknya, dan gak ngurusin urusan kenegaraan/kedewiannya dia. Bumi jadi terbengkalai. Musim-musim berantakan, dan tumbuhan pun pada mati. Melihat ini, Zeus gak tinggal diam dan ikut membantu mencari Persephone, yang ternyata selama ini masih ada di dunia Hades.
Setelah ketemu, tentu saja Demeter minta anaknya pulang. Namun, Hades udah punya rencana: Jadi buah yang dimakan Persephone itu ngebuat dia musti tinggal di dunianya selama minimal 6 bulan. Akhirnya, Persephone pun membagi waktunya antara Hades dan Olympus.
Nah, 6 bulan dimana Persephone tinggal di Hades, adalah 6 bulan dimana Demeter galau dan merindukan sang putri, sehingga musim di bumi menjadi dingin dan gak enak. Sedangkan sisa 6 bulannya adalah ketika Persephone kembali pulang dan Demeter senang kembali. Begitulah.

Trojan War

Perang antara Sparta dan Troy ini, kalo di film kan diceritainnya perang gara-gara Raja Menelaus dari Sparta dan Pangeran Paris dari Troy rebutan cewe. Kalo menurut mitologi Yunani sebenernya lebih kompleks lagi. Kita lihat dari beberapa sisi ya.
Zeus: Sadar dengan kegiatan ekstrakulikulernya yang menghasilkan banyak keturunan, dan melihat kalo bumi itu penduduknya udah mulai penuh, Zeus menemukan cara untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut dengan 1 tindakan: Bikin perang biar populasi (dan anak-anak haramnya) pada mati.
Paris: Paris, pangeran Troy (kalo di film yang main Orlando Bloom), pada suatu hari ketemu sama Athena, Aphrodite dan Hera. Ketiga dewi itu memberikan penawaran pada Paris; Athena menawarkan kemampuan perang yang tiada tara, Hera menawarkan kekuasaan, dan Aphrodite yang menawarkan cinta dari wanita tercantik di dunia.
Paris, sebagai lelaki normal yang mikirnya pake titit, tentu saja memilih penawaran dari Aphrodite. Nah kejadian ini berlanjut pada beberapa tahun selanjutnya ketika Paris bertemu dengan Helen, yang merupakan wanita tercantik di dunia. Helen pun kawin lari sama Paris, walapun saat itu statusnya dia adalah istri orang.
Achilles: Pada masa itu, Achilles dianggap sebagai petarung nomer 1 sedunia. Kalo ada perang apa-apa, pasti dia dan pasukannya diajak ikutan, dan dia selalu menang. Achilles sendiri udah mulai bosen sama perang, karena buat dia udah gak ada tantangannya lagi. Ketika Sparta mau menyerang Troy, tentunya mereka mau ngerekrut Achilles.
Tapi sayangnya, Achilles gak mau, dan dia gak boleh ikut sama nyokapnya, gara-gara sebuah ramalan yang mengatakan kalo Achilles ini bakalan mati muda dan diingat selamanya, atau idup bahagia sampai tua. Sebagai ibunda yang baik, beliau pengen Achilles idup bahagia sampe tua. Dan biar tambah aman, ketika rombongan Sparta datang buat jemput Achilles, sang ibunda nyuruh Achilles nyamar jadi cewek.
Tapi siasat ini kebaca sama Odysseus. Dia menyuruh beberapa tentara Sparta buat pura-pura jadi perampok untuk bikin onar. Nah, disaat cewek-cewek yang beneran kabur, Achilles malah ngambil tombak dan menyerang "perampok-perampok" tersebut. Buyar lah penyamarannya, dan ikutlah dia ke Trojan War, dimana akhirnya dia kehilangan nyawanya, dan masih diinget sampe sekarang. Ini buktinya MBDC masih ngomongin dia.
Nah segitu aja deh. Sebenernya masih banyak yang bisa dibahas. Tapi kamu cari sendiri ajalah. Kalo MBDC mulu yang ceritain nanti gak ada waktu buat artikel-artikel lain dong. Semoga pengetahuan ini berguna ya buat kehidupan kamu. Oh iya, ada yang mau dikomentarin? Monggo lho.
Share this article on :
Title: Cerita-Cerita Seru Mitologi Yunani; Written by Artikel Terlembut; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar