Daftar Artikel Di Blog

Selasa, 16 April 2013

Mitologi Mesir Kuno



Setelah asal muasal semesta menurut Mitologi Mesir kuno, kali ini yang akan kita bahas adalah tentang makhluk selain dewa yang ada dalam mitologi ini. Kalo tentang dewa-dewa nanti aja ya, di artikel berikutnya. Nah jadi di mitologi Mesir kuno itu ada yang namanya:

Ammit

Ammit adalah salah satu makhluk mitologi yang paling ditakuti oleh orang-orang Mesir kuno. Bentuknya adalah campuran dari singa, kudanil dan buaya, yang merupaka 3 hewan paling mematikan di Mesir pada saat itu. Ammit ini bertugas mendampingi Ma'at yaitu dewi kejujuran, saat sedang menimbang hati seseorang, ketika orang tersebut mati. Apabila hati tersebut dianggap tidak murni, maka Ma'at akan memberikan hati tersebut kepada Ammit yang akan dengan segera mengunyahnya. Orang-orang Mesir percaya, kalau hati mereka dikunyah oleh si Ammit, maka mereka tidak akan bisa sampai ke dunia bawah tanah dan bertemu dengan Osiris untuk hidup abadi. Mereka akan menjadi jiwa-jiwa yang tidak tenang dan bergentayangan di dunia. Mungkin disinilah istilah amit amit itu muncul, yaitu supaya jangan sampe terjadi demikian. Iya tau garing. Bodo amat.

Apep

Kemarin di seri makhluk mitologi yang versi naga, lupa diajak ini si Apep. Jadi dia adalah ular raksasa yang sangat bengis, musuhnya Ra si dewa matahari dan kerjaannya adalah untuk selalu berusaha menghancurkannya sehingga akan membawa Mesir pada kegelapan total, non-existent, yang merupakan hal yang paling mengerikan yang diajarkan dalam agama kuno mereka. Apep dianggap sebagai sumber dari segala bentuk bencana alam yang terjadi. Seperti gempa bumi, badai dan tentu saja gerhana matahari yang dianggap sebagai salah satu saat saat Ra hampir dikalahkan oleh Apep. Dalam literatur, banyak gambar dan kegiatan dalam proses menghancurkan Apep. Setiap tahunnya para pendeta Mesir akan menggelar ritual untuk menghancurkan Apep yang juga merupakan simbol dari segala macam hal jahat. Mirip-mirip lah sama ritual pagan Zozobra yang masih sering dilakukan di Mexico.

Shezmu

Sebenernya si Shezmu ini jatohnya lebih ke dewa daripada demon, tapi dia gak disembah. Nah jadi Shezmu ini dia adanya di dunia bawah tanah sama si Osiris. Shezmu ini dikenal sebagai dewa anggur, oils dan perfume (yang kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia jadi gak keren). Dia akan memberikan anggur dan mengajak bersulang orang-orang yang sudah mati dan berhasil sampai ke tempat Osiris untuk hidup abadi. Tapi kalau dia bertemu dengan orang-orang jahat, Shezmu akan memenggal kepala orang tersebut dan memerah darah mereka untuk dijadikan anggur.
Gitu deh ya kira-kira. Emang agak sepi monster dan makhluk ajaib di mitologi ini. Mereka lebih banyak dewa. Atau ada yang mau nambahin?
Share this article on :
Title: Mitologi Mesir Kuno; Written by Artikel Terlembut; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar