Daftar Artikel Di Blog

Senin, 08 April 2013

10 Negara Dengan Pulau Paling Banyak Di Dunia


10 Negara Dengan Pulau Paling Banyak Di Dunia
10 Negara Dengan Pulau Paling Banyak Di Dunia - Halo sobat Berita Unik mau ngasih info 10 Negara Dengan Pulau Paling Banyak Di Dunia yang dirangkum dari berbagai sumber ;
10. Kerajaan Tonga
176 Pulau
Tonga adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan, sekitar sepertiga perjalanan antara Selandia Baru dan Hawaii. Tonga terletak di sebelah selatan Samoa dan timur Fiji. Negara ini terdiri dari 176 pulau, 36 di antaranya berpenghuni. Pulau terbesarnya ialah Tongatapu.

Tonga menjadi sebuah protektorat Britania Raya pada 18 Mei 1900 berdasarkan Traktat Persahabatan. Status ini berakhir pada 4 Juni 1970 ketika Tonga memproklamasikan kemerdekaannya. Komisi Tinggi Britania Raya di Tonga yang telah berdiri sejak 1901 ditutup pada 2006.
9.Palau
250 Pulau
Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.
8.Micronesia
607 Pulau
Federasi Mikronesia adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik yang berasosiasi secara bebas dengan Amerika Serikat. Terletak di kawasan Mikronesia di sebelah timur Papua Nugini, negara ini terdiri dari 607 pulau yang terbagi menjadi 4 negara bagian.
7.Bahama
700 Pulau
Persemakmuran Bahama adalah sebuah negara yang terdiri dari ±700 pulau di kawasan Karibia. Florida, Amerika Serikat terletak di sebelah barat, dan Kuba di sebelah selatan Bahama.

6.Fiji
844 Pulau
Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Fiji memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil.Jadi totalnya 844 Pulau. Kedua pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82% dari keseluruhan penduduk negara ini. Nama Fiji adalah sebuah kata kuno dalam bahasa Tonga untuk kepulauan itu, yang pada gilirannya berasal dari nama dalam bahasa Fiji,Viti.
Ibu kota Fiji, Suva, terletak di pulau ini. Di Fiji banyak imigran yang berasal dariIndia/Pakistan.
5.Solomon
992 Pulau
Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini dan merupakan bagian dari Persemakmuran. Dia terdiri dari 992 pulau yang secara keseluruhan membentuk wilayah seluas 28.450 km².

4.Jepang
6852 Pulau
Diantara Negara-negara di Asia, Jepang adalah satu-satunya Negaraindustry yang paling penting. Kebangkitannya dimulai sejak kedatangan bangsaeropa pada abad pertengahan. Jepang adalah Negara yang tua danberkebudayaan tinggi sejak ribuan tahun yang lalu. Negeri ini yang mendapatjulukan negeri matahari terbit”, bahkan juga dijuluki sebagai negeri dewa”,diperintah oleh seorang kaisar dan keturunannya. Meskipun demikian negeri inidalam periode yang singkat telah menjadi negara maju dan modern, bahkansejak kekalahannya dari sekutu pada perang dunia II, sehingga harus melepaskanNegara jajahannya (hasil dari politik expansinya). Jepang adalah Negarakepulauan dengan jumlah pulau tidak kurang dari 6.852 buah besar kecil. Yangterbesar hanyalah 4 buah pulau, yaitu: Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu.Luasnya hanya 230.948 km2.
3.Filipina
7107 Pulau
Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau. Filipina seringkali dianggap sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara di mana pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat.

Filipina adalah negara paling maju di Asia setelah Perang Dunia II, namun sejak saat itu telah tertinggal di belakang negara-negara lain akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial. Saat ini Filipina mengalami pertumbuhan ekonomi yang moderat, yang banyak disumbangkan dari pengiriman uang oleh pekerja-pekerja Filipina di luar negeri dan sektor teknologi informasi yang sedang tumbuh pesat.

Masalah-masalah besar negara ini termasuk gerakan separatis muslim di sebelah selatan Mindanao, pemberontak-pemberontak dari Tentara Rakyat Baru (New People's Army) yang beraliran komunis di wilayah-wilayah pedesaan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang sering tidak konsisten, tingkat kejahatan yang makin meningkat, dan kerusakan lingkungan seperti penebangan hutan dan polusi laut. Filipina juga mengalami masalah banyaknya penduduk di daerah-daerah perkotaan akibat kurangnya lapangan pekerjaan di wilayah pedesaan dan tingkat kelahiran yang tinggi.

2.Indonesia
13.466 Pulau
Jumlah tepatnya adalah 13.466 pulau, seperti yang diketahui berdasarkan survei geografi dan toponimi yang berakhir pada 2010. Hasilnya telah dilaporkan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Jumlah pulau itu hingga kini belum disahkan melalui peraturan pemerintah. Padahal, ini memiliki implikasi sangat besar pada banyak aspek. Demikian dikemukakan Kepala Badan Informasi Geospasial (dulu Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional atau Bakorsurtanal) Asep Karsidi seperti dikutip dari National Geograpic, Jumat (10/2).

Jumlah pulau itu, menurut Asep, diperoleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi yang melakukan survei mulai 2007 hingga 2010. Jumlah tersebut berdasarkan inventarisasi dan verifikasi nama pulau serta penetapan koordinat tiap pulau dengan global positioning system.

Menurut Asep yang juga menjadi Sekretaris Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi, jumlah 17.508 pulau itu diperoleh karena Gosong dimasukkan sebagai pulau. Padahal. Gosong hanya gundukan pasir atau terumbu karang yang muncul saat air surut dan tenggelam saat pasang naik air laut. Adapun definisi pulau oleh PBB adalah obyek yang masih tampak saat air laut pasang.

Daftar nama rupabumi (gasetir) pulau di Indonesia sejumlah 13.446 itu telah disampaikan kepada United Nations Groups of Experts on Geographical Names (UNGEGN) tahun lalu. 

1.Republik Finlandia
179.584 Pulau
(b. Finlandia: Suomen tasavalta, b. Swedia: Republiken Finland) adalah sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.
Ibukota negara penghasil telepon genggam Nokia ini adalah Helsinki. Penduduknya sebesar lima juta jiwa mendiami lebih dari 330.000 km² sehingga negara ini terdapat dalam urutan ke-162 dalam kepadatan penduduk di dunia.

Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau; 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.

Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Ă…land, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.

Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat.

Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

Nah, itulah 10 Negara Dengan Pulau Paling Banyak Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Share this article on :
Title: 10 Negara Dengan Pulau Paling Banyak Di Dunia; Written by Achmad Sandi Asyuri; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar