Daftar Artikel Di Blog

Sabtu, 16 Maret 2013

10 Gunung Tertinggi di Dunia

1. Gunung Everest 
Tinggi :8850 m 
Lokasi :Cina(Tibet)-Nepal 
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran (Pemerintah Nepal - Cina belum mengesahkan ukurannya secara resmi sebagai gunung tertinggi di dunia, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS).Gunung Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.


2. Gunung K2 (chogori) 
Lokasi :Pakistan - Cina(Tibet) 
Tinggi : 8.611m 
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
K2 adalah gunung tertinggi di dunia kedua. Di juluki juga "pegunungan kejam" karena kesulitannya untuk didaki,daripada Gunung Everest.itu di sebabkan cuacanya yang buruk. Pada tahun 2004,hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.
 

3. Kangchenjunga  
Lokasi : Nepal - India 
Tinggi : 8586 m
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
adalah gunung tertinggi di dunia nomor tiga. Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal.Kangchenjunga mengandung arti "Lima Harta Karun Salju, karena terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas , perak , permata, biji-bijian dan kitab suci . Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah,dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah , burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi berada dalam Taman Nasional Khangchendzonga.


4. Gunung Lhotse 
Tinggi : 8.516 m 
Lokasi : Nepal - Cina(Tibet)
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Gunung yang memiliki ketinggian (27.940 kaki) ini merupakan gunung tertinggi di dunia keempat dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

  
5. Gunung Makalu
Tinggi : 8,463 m 
Lokasi : Nepal - Cina(Tibet) 
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Makalu merupakan gunung tertinggi di dunia nomor lima. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest.
 

6. Gunung Cho Oyu 
Tinggi : 8.201 m 
Likasi : Nepal - Cina(Tibet) 
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Cho Oyu adalah merupakan gunung tertinggi di dunia keenam. Lokasinya tidak terlalu jauh dari arah barat Everest dan Lotse, di wilayah Khumbu yang merupakan bagian Timur Nepal dan sepanjang perbatasan Tibet. Puncaknya berdiri megah bersama dengan Everest dan gunung-gunung disekitarnya. Ini menjadi landmark yang sangat dikenal oleh para pendaki yang yang mendaki Everest dari sebelah dinding utara.Disebelah barat dari Cho Oyu, terdapat Nangpa La, merupakan glacier dengan tinggi 19.000 kaki, yang merupakan rute perdagangan barter antara Khumbu Sherpa dan Tibet.


7. Gunung Dhaulagiri 
Tinggi : 8.167 m 
Lokasi : Nepal
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Dhaulagiri adalah gunung tertinggi di dunia ketujuh. Membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, sebuah subrange dari Himalaya di Zona Dhawalagiri Nepal utara. Itu terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional yang penting dan pusat wisata.


8. Gunung Manaslu  
Tinggi : 8.163 m 
Lokasi : Nepal
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Nepal Manaslu adalah gunung tertinggi di dunia kedelapan, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta , Manasa dan diterjemahkan sebagai "Gunung Jiwa". Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10.


 9. Gunung Nanga Parbat 
Tinggi : 8.126 m 
Lokasi :Pakistan 
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Nanga Parbat merupakan sebuah gunung kebanggaan Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Merupakan gunung tertinggi di dunia kesembilan. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”. 


10. Gunung Annapurna
Tinggi : 8.091m 
Lokasi : Nepal
Gunung Tertinggi Di Dunia (info-asik.com)
Gunung Annapurna, gunung tinggi yang masuk dalam jajaran pegunungan Himalaya di Nepal ini memiliki beberapa puncak. Dengan puncak utamanya setinggi 8.091 mdpl. Selain itu, gunung Annapurna juga mempunyai beberapa nama, antara lain Annporna dan Morshiadi.

Share this article on :
Title: 10 Gunung Tertinggi di Dunia; Written by Qiu-San; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar